Sabtu, 12 Juli 2008

Target Akselerasi Perbankan syariah tercapai di Thm 2008

JAKARTA - Pengamat perbankan optimistis target akselerasi aset perbankan syariah pada tahun 2008 sebesar 5% dapat tercapai. Per Juni, aset diprediksi sudah mencapai 2,5%, namun ada beberapa syarat lain untuk memenuhi target tersebut.

Pengamat perbankan syariah Adiwarman Azwar Karim memprediksi aset maupun market share syariah per Juni bisa mencapai 2,5% dan sisa waktu enam bulan pada tahun ini bisa memenuhi target akselerasi perbankan syariah nasional.

Selain itu, pertumbuhan anorganik bank syariah mampu mempercepat target akselerasi dan perbankan harus mencari bisnis model sehingga mampu mengumpulkan dana masyarakat dan digunakan sebagai pembiayaan.

"Bank syariah masih bisa memberi pembiayaan lebih besar dan pertumbuhan anorganik juga mendukung target akselerasi," jelasnya di Jakarta, Minggu (15/6/2008).

Adiwarman memprediksi sedikitnya ada beberapa investor baru yang masuk dan meramaikan industri syariah nasional. Umumnya, investor baru tersebut akan mengkonversi bank yang diakuisisi menjadi bank syariah. (Tomi Sujatmiko/Sindo/jri)

Tidak ada komentar: